MANUSIA DAN CINTA


MANUSIA DAN CINTA
by: andri oktavianas

 
Beautified for people is the love of that which they desire - of women and sons, heaped-up sums of gold and silver, fine branded horses, and cattle and tilled land. That is the enjoyment of worldly life, but Allah has with Him the best return. (surah ali imran; 14)

       Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (surah ali imran; 14)



A
ku selalu percaya akan angka, dalam perasaan dan logika, yang membawa pada akal sehat. Tapi setelah seumur hidup mengejar, aku bertanya, apa logika sebenarnya? Siapa yang memutuskan apa yang masuk akal? Pencarianku membawaku ke alam fisik, metafisik, delusional, dan kembali. Telah kudapatkan penemuan paling penting dalam karirku. Penemuan paling penting dalam hidupku. Hanya di persamaan misterius cinta, alas an logis bisa ditemukan. (John Nash_1994)
Manusia dan cinta, inilah tokoh kehidupan yang mengisi riak-riak sejarah peradaban. Semenjak adam (manusia pertama) diciptakan maka diciptakan pulalah hawa, biar tenang adam disurga, biar ada pula tempat adam menyandarkan punggung hatinya. Sejarah mereka ini yang setiap kita mungkin tidak akan melupakannya, setan yang berhasil membujuk mereka berdua hingga diturunkanlah mereka dari kesenangan tiada tara, surga. Hingga mereka dipisahkan di kehidupan dunia, namun tak sanggup jua rasanya jarak memisahkan mereka, dan ALLAH pertemukan mereka di padang cinta, awal mula nenek moyang kita yang dipertemukan ALLAH dalam cinta karenaNYA, padang arafah. Dari tempat ini, semenjanjung arab, begitu kita menyebutnya sekarang, mereka menjalani hidup dibumi, berdampingan dengan dengan alam, berkasih sayang dengan anak-anak mereka. Secara sederhana kehidupan petama inilah kita mengenal cinta dalamarti yang sangat luas. Cinta tak termonopoli oleh adam kepada hawa saja, juga tidak sebaliknya. Mereka tumbuh dalam cinta yang sangat luas, adam dan hawa, anak-anak mereka, alam tempat mereka hidup, dan semua itu bermuaralah cinta mereka pada yang menciptakan cinta, yang menumbuhkan kasih sayang diantara mereka, ALLAH Ar-Rahman Ar-Rahim. Inilah sejarah cinta pertama manusia dibumi. Cinta tidak dimonopoli oleh romeo dan Juliet, cinta juga tidak membuat manusia kehilangan akal sehat hingga gila, layaknya laila dan majnun, tapi cinta adalah naluriah manusia yang dibutuh di eksekusi dengan benar dan tepat oleh manusia itu sendiri. Bahkan cinta adalah hal paling logis dan juga yang paling membingungkan , seperti ungkapan John Nash seorang penderita schyzopherenia yang meraih penghargaan nobel 1994 di swedia.
“I always believe in number, equations and logic, which led to the common sense. After a lifetime pursuit, I ask, what the actual logic? Who decides what is reasonable? My quest took me to physical universe, metaphysic, delusional, and back. It has been the most important discoveries I get in my career. The most important discovery of my life. Only in the mysterious equations of love, logical reasons can be found”-John Nash (In film Beautiful Mind-schyzopherenia)

Komentar

Postingan Populer